
Apa itu Command Centre?
Apa itu Command Centre?
Secara umum Command Centre dapat diartikan sebagai suatu tempat atau lokasi untuk menyediakan perintah, koordinasi, dan pembuatan keputusan cepat dalam mendukung atau merespons kejadian penting.
Dari sisi perusahaan, Command Center merupakan salah satu fasilitas yang diperlukan oleh perusahaan dalam menjalankan Crisis Management atau Business Continuity Management. Command Center adalah sebuah lokasi yang lengkap dengan infrastruktur yang diperlukan, di mana seorang direktur atau pengambil keputusan bersama-sama dengan tim, untuk melakukan pertemuan, mengambil keputusan menugaskan, mengkoordinasi, memonitor dan mengontrol seluruh tindakan yang diperlukan sebagai respon terhadap krisis yang dihadapi perusahaan, di antara lainnya meliputi tindakan tanggap darurat, action plan untuk perbaikan dan pemulihan, langkah pengadaaan, dan langkah penyediaan informasi publik.
Melihat pentingnya fungsi Command Centre saat ini, banyak pemerintah daerah baik kota atau kabupaten yang membangun Command Centre untuk mendukung operasional pemerintahan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan Command Centre juga dijadikan sebagai salah satu ikon implementasi Smart City di suatu daerah.
Pengoptimalan Command Center
Pembangunan Command Centre memang bisa dijadikan sebagai inisiatif digitalisasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah, tetapi harus diikuti dengan pemanfaatan yang optimal dari Command Centre tersebut. Nyatanya, banyak Command Centre yang belum dimanfaatkan secara optimal, seperti misalnya hanya berfungsi sebagai monitor CCTV atau bahkan layar untuk video conference dan online meeting. Padahal fungsinya bisa lebih dari itu mengingat biaya investasinya yang tidak murah.