
Cara Bersaing Secara Sehat dengan Rekan Kerja
Cara Bersaing Secara Sehat dengan Rekan Kerja
Anggapan bahwa dunia kerja itu keras ternyata bukanlah suatu anggapan semata. Buktinya ketika memasuki dunia kerja kita akan menemukan berbagai permasalahan yang lebih kompleks, tantangan pekerjaan yang semakin besar, hingga persaingan antara sesama rekan kerja.
Nah persaingan di dunia kerja ini memang tidak bisa dihindari. Sisi positif dengan adanya persaingan tersebut adalah dapat memotivasi para karyawannya untuk meningkatkan kualitas pekerjaan yang ia geluti. Namun hal negatif sering ditemukan yaitu adanya persaingan tidak sehat antar rekan kerja, diam-diam menjatuhkan satu sama lain, dan hal lainnya.
Sekarang lihat sekelilingmu, mungkin rekan atau bahkan dirimu terlibat persaingan di tempat kalian bekerja. Pertanyaannya, apakah persaingan tersebut berjalan dengan sehat? Atau paling tidak, tidak merugikan kedua belah pihak?
Usaha memperlihatkan keunggulan masing-masing saat bekerja, dilakukan demi berbagai tujuan. Alasan yang paling umum biasanya mengejar goals tertentu atau keinginan meniti karier lebih tinggi. Lantas, bagaimana sih cara bersaing sehat di kantor dengan rekan kerja?
1. Berbagi Pengetahuan
Bekerja bersama tim memang terkadang gampang-gampang susah untuk sebagian orang. Pertama-tama, cobalah tekankan diri bahwa kita tak hanya bekerja sendiri, tetapi juga bersama tim. Oleh sebab itu, jangan karena ingin dianggap paling benar dan pintar, membuat kita jadi pelit berbagi ilmu. Kondisi ini justru bisa menimbulkan konflik di lingkungan kerja.
Tak ada salahnya bukan berbagi ilmu dengan kolega yang terlibat dalam persaingan, demi keberhasilan tim. Ingat, keberhasilan satu orang di dalam tim merupakan keberhasilan bersama.
2. Pertahankan Kualitas Kerja
Cobalah untuk selalu mempertahankan kualitas kerja yang tinggi setiap saat ketika bersaing dengan rekan kerja di kantor. Tentu dirimu tak ingin terlihat buruk bukan, ketika ada rekan berprestasi di kanan-kirimu. Gunakanlah kompetisi untuk menghasilkan kualitas kerja yang tinggi dari pada sebelumnya.
Namun, cobalah tentukan target atau tujuan yang ingin dicapai dengan realistis. Jangan sampai deadline atau banyaknya pekerjaan yang kita buat justru akan menyulitkan diri. Dengan kata lain, ketika kolega kita menangani beberapa pekerjaan sekaligus, jangan secara otomatis merasa bahwa kita harus melakukannya.
3. Singkirkan Ego
Menyingkirkan ego merupakan langkah utama untuk bersaing sehat di kantor. Hal ini memang rasanya tidak mudah, sebab bersaing dengan rekan kerja tentu akan melibatkan tenaga, perasaan, dan emosi. Namun, kita bisa kok memulainya dari hal-hal kecil.
Contoh kecilnya, hindari memotong rekan kerja yang sedang berbicara di tengah meeting. Dengan kata lain, cobalah biasakan diri untuk mengendalikan ego yang sering kali memicu perselisihan.
4. Dengarkan Mereka
Terkadang menjadi pendengar yang baik, bisa sangat membantu untuk bersaing dengan rekan kerja di kantor. Terlalu cepat mengklaim ide yang kita kemukakan merupakan solusi terbaik, bisa membuat rekan kerja merasa tak dihargai pendapatnya. Cobalah tunjukkan rasa hormat dan dengarkan saran atau pemikiran mereka.
5. Bersikap Ramah
Terkadang kita lupa untuk tersenyum pada rekan-rekan di sekeliling kita. Padahal, gestur yang kecil, seperti senyuman atau ucapan selamat pagi bisa membuat perbedaan besar. Dengan kata lain, luangkanlah waktu untuk memulai interaksi dengan kolega di kantor.
6. Kenali Rekan Kerja
Cobalah luangkan waktu untuk mengenal rekan kerja lebih dekat. Kamu tak harus mengenal dirinya sangat dalam. Setelah mengenalnya lebih dekat, terkadang kita akan terkejut betapa banyaknya kesamaan yang kita miliki. Salah satu cara untuk melakukan hal ini dengan menghabiskan makan siang bersama mereka